Tindak Pidana Khusus Kejahatan Ketenagakerjaan

Tindak Pidana Kejahatan dalam Pasal 183 Mempekerjakan anak pada pekerjaan terburuk.

Anak adalah amanah dari Tuhan yang maha kuasa kepada orang tuanya. Orang tuanya harus bertanggung jawab atas anughrah yang diberikan Tuhankepadanya. Orang tua berkewajiban untuk membina, mendidik dan melindunginya. Anak harus dapat tumbuh dan berkembang sebagaimana diajarkan dalam agama dan ketentuan perundang-undangan.

Harkat dan martabat anak harus dilindungi serta harus dijunjung tinggi.Karena anak adalah generasi penerus masa depan bangsa jika di kemudian hari ternyata anak sebagai pewaris tahta kelangsungan hidup negara tidak berguna bagi nusa dan bangsa , maka yang berdosa adalah orang tua, masyarakat dan pemerintah itu sendiri.

Dalam Pasal 183 Undang-Undang Ketenagakerjaan menyatakan :

Ayat (1)

“Barangsiapa melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 74 dikenakan sanksi pidana penjara paling singkat 2 (Dua ) Tahun dan paling lama 5 (lima) tahun dan atau denda paling sedikit Rp. 200.000.000,- (Dua Ratus Juta Rupiah) dan paling banyak Rp. 500.000.000,- lima ratus juta rupiah”

Ayat (2)

“ Tindak Pidana sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) merupakan tindak pidana kejahatan.”

VDS & Partners Law Firm Merupakan advokat dan Mediator. di dukung oleh sumber daya Advokat –Konsultan Hukum-Mediator yang tidak hanya ahli di satu bidang hukum, namun juga ahli dalam bidang  hukum lainnya. Selain itu memiliki tim dengan  kemampuan dan pengalaman yang mumpuni dalam penanganan   Perkara di Pengadilan (Litigasi) Maupun Di luar Pengadilan (Non Litigasi)

WILAYAH HUKUM SELURUH INDONESIABanda Aceh,Medan, Pekanbaru, Padang Bengkulu, Palembang, Bandar Lampung, Batam, Surabaya, Malang,Denpasar, Bali,Balikpapan,Pontianak, Samarinda, Makassar, Palu, Manado,Kendari, Bitung, Dan Lain Sebagainya.

Untuk Wilayah JABODETABEK dan Jawa Barat meliputi Kota/Kabupaten Karawang, Bandung, Bandung Barat,Bekasi,Bogor, Ciamis, Cianjur, Cirebon, Garut, Indramayu, Kuningan ,Majalengka, Pangandaran, Purwakarta, Subang,Sukabumi, Sumedang,Tasikmalaya, Banjar, Cimahi.